My M3M's ICT

Posted on Kamis, 05 Februari 2009 by Weey_aN

Perkenalkan... sekolah baruku.. eeh.. bisa dibilang lama juga sih,, soalnya sekarang aku sudah kelas 3, bentar lagi LULUS... Amiin... :) Sekolah ku itu MAN 3 Malang, di jalan bandung no 7 Malang. MAN 3 ini tuh salah satu sekolah yang cukup elit di kota Malang dan juga telah berhasil memboomingkan namanya di jajaran sekolah-sekolah nasional setingkat SMA. Karena madrasah ini memang sangat aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan dan lomba tingkat Nasional. Tak hanya sekolahnya, namun juga guru dan siswa-siswinya yang selalu ikut berperan aktif. Karena madrasahnya adalah madrasah berprestasi, tentu saja siswa-siswi, guru, dan seluruh warganya ikut berprestasi pula. Dalam upaya meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan serta pembelajarannya, madrasah ini telah melengkapi segala fasilitas demi kelancaran visi misi yang telah tertanam. Tentunya semua itu disediakan khusus untuk kemudahan dan kelancaran proses pembelajaran siswa-siswi MAN 3. Kalau dilihat dari segi fasilitas, memang madrasah ini sudah tergolong lengkap bila dibandingkan dengan sekolah-sekolah lainnya.



Apalagi dalam bidang ICTnya. Tak kalah lengkapnyalah dengan yang lain. Seperti LCD misalnya. Sekarang di setiap ruang kelas telah dilengkapi LCD dan televisi yang sering dimanfaatkan oleh para guru agar lebih mudah menerangkan kepada para siswa-siswi dengan metode presentasi atau power point. Sehingga tak jarang pula siswa-siswinya ikut menuangkan kreatifitasnya dalam pembuatan power point saat pembelajaran. Itu tadi baru sebagian kecil saja. MAN 3 masih memiliki 3 laboratorium khusus untuk mata pelajaran komputer dan kebahasaan. Ada lab komputer yang memang digunakan untuk praktek para siswa dalam mengoperasikan program-program di komputer. Seperti Microsoft Office, Swishmax (pembuatan flash), Movie Maker, dan masih banyak lagi. Jadi sekarang siswa-siswi MAN 3 sudah lumayan jeli dalam bidang perkomputeran gitu.. soalnya gurunya juga pada HEBAT-HEBAT smua.. Keren dech pokoknya. Lab ini mempunyai lebih dari 40 unit komputer. Selain untuk pembelajaran, lab ini juga digunakan para anggota IT sebagai markas mereka untuk beroperasi dan berkarya setiap minggunya. Tapi, tak jarang pula dikunjungi sama siswa-siswi MAN 3 yang ingin browsing atau mengerjakan tugas pada saat lab ini tak berpenghuni di jam sekolah hingga para pengawasnya go HOME..

Naah.. sekarang ada lagi yang namanya Lab MuLok atau Muatan Lokal. Kalau yang satu ini dulunya tuh lab bahasa. Tapi sekarang sudah dialihfungsikan menjadi lab Mulok, jadi hanya ada sekitar 20 unit komputer di dalamnya. Di lab ini, para siswa belajar tentang cara perakitan komputer, membuat html, dan segala hal yang berhubungan dengan pembuatan program di komputer atau sejenisnya. Jadi siswa lebih sering praktek dan menghasilkan karya-karya.

Selanjutnya ada lab bahasa. Lab ini dimanfaatkan untuk pembelajaran yang berhubungan erat dengan bahasa. Terutama dalam hal Listening. Bahasa asing yang kini sudah menjadi bagian dari mapel di MAN 3 diantaranya bahasa arab, inggris, jepang, mandarin, dan jerman. Tentunya ruangan ini sangat penting untuk meningkatkan pemahaman siswa-siswi tentang bahasa-bahasa asing yang sudah mulai menjadi bahasa dunia saat ini.

Oiya,, yang paling menarik dari semuanya adalah bahwa di MAN 3 kini sudah dilengkapi dengan WiFi atau area berhotspot yang memungkinkan bagi para siswa-siswi untuk browsing internet secara gratis. Sepuasnya!! Fasilitas ini disediakan untuk memudahkan siswa-siswi mengerjakan tugas-tugasnya terutama yang berhubungan dengan artikel yang ada di internet dan semacamnya. Jadi siswa-siswi MAN 3, terutama yang mempunyai laptop sudah tentu bisa memanfaatkan fasilitas ini dengan mudah. Hanya dengan mendaftar ke PusKom agar bisa langsung connect saat membuka laptop mereka. Mudah dan mengasyikkan bukan??!!

Yaah... mungkin itu aja sekilas tentang ICT di MAN 3 Malang, sekolah yang selalu ku cinta. Hanya sekedar memperkenalkan dan... (mempromosikan) hihihi. Semoga aja makin berkembang, bagus, dan terus berprestasi dech buat MAN 3 ku tersayang... ChayOo n sukses selalu.... ^_^

0 Responses to "My M3M's ICT":